Sejarah Zaman Paleolitikum

Sejarah Zaman Paleolitikum

Dunia kita mengalami banyak perubahan & era pergantian, sejarah zaman Paleolitikum merupakan awal cerita bermula. Paleolitikum diambil dari bahasa Yunani (Palaios) Purba, & (Lithos) Batu. Sejarah zaman batu tua (paleolitikum) setidaknya berkaitan dengan perkembangan teknologi manusia sekarang 95%.

Kebudayaan zaman paleolitikum dimana manusia masih mengembangkan segala alat dengan menggunakan batu. Memanfaatkan batu yang masih berbentuk kasar dan hal ini berlangsung selama 600.000 tahun selama masa Plestosen. Manusia mencari makanan secara berkelompok atau diberi istilah (Food Gathering).

Sejarah Zaman Paleolitikum

Manusia pendukung zaman paleolitikum yang hidup pada saat itu adalah:
Pithecanthropus (Pithecanthropus Mojokertoensis, Pithecanthropus Soloensis & Pithecanthropus Robustus), Homo (Homo Soloensis, Homo Wajakensis & Homo Sapiens), dan Meganthropus.

Sejarah Zaman Paleolitikum (Zaman Batu Tua)

Keadaan alam zaman paleolitikum hidupnya NOMADEN terdiri dari 2 yaitu Glasial Interglasial & Mammouth (binatang berbulu tipis pindah kedaerah tropis). Manusia pada era tersenbut selalu berpindah – pindah dikarenakan belum memiliki tempat tinggal tetap. Goa & padang rumput yg tidak jauh dari sumber daya alam seperti sungai, laut, pantai dan lain sebagainya.

Beberapa peninggalan sejarah zaman batu tua adalah:

1. Kapak Perimbas
2. Kapak Genggam
3. Kapak Persegi
4. Kapak Lonjong
5. Kapak Bahu
6. Gerabah
7. Flakes / Alat Serpih
8. Tulang atau Tanduk Binatang
9. Pebble
10. Hachecour
11. Pipisan
12. Menhir
13. Waruga

Salah satu peralatan manusia purba dari zaman paleolitikum adalah Kapak Perimbas yang masih sangat digunakan hingga sekarang. Dengan menggunkaan alat diatas manuai pada perkembangan paleolitikum bertahan untuk hidup. Kehidupan zaman batu tengah benar – benar masih sangat bebas bersama peninggalan zaman paleolitikum dimana teknologi masih belum dikembangkan. Peninggalan diatas disebut juga dengan hasil kebudayaan zaman paleolitikum (Praaksara).

Sejarah Zaman Paleolitikum

Ciri-ciri zaman paleolitikum yang bisa kita kenali ketika masa zaman batu tua / madya adalah:

1. Hidupnya Nomaden.
2. Hidupnya Berkelompok Kecil.
3. Hidupnya Bergantung Dengan Alam Sekitar.
4. Masih Pakai Alat Sederhana (Seperti Kapak Genggam).
5. Bahasa Berkomunikasi Sederhana.

Dengan membaca artikel ini semoga bisa memberikan anda wawasan bermanfaat dan mengenal sejarah perkembangan dunia sejak masih zaman batu Praaksara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *